Apa Itu Keputihan? Dan Apa Penyebab Keputihan

Apa Itu Keputihan? Dan Apa Penyebab Keputihan - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Apa Itu Keputihan? Dan Apa Penyebab Keputihan – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Alami.idApa Itu Keputihan? Dan Apa Penyebab KeputihanBagi kaum hawa, keputihan adalah hal yang lumrah dirasakan. Hal ini berbeda jika terjadi keputihan yang terus menerus dan menyebabkan miss V terasa gatal-gatal dan berbau. Terkadang hal ini menyebabkan rasa percaya diri berkurang karena merasa kurang nyaman dan takut orang tahu bahwa Anda bau.

Apa itu Keputihan?

Keputihan adalah suatu penyakit yang terjadi pada hampir semua wanita berupa cairan yang keluar dari vagina dengan berlebihan dan menimbulkan rasa yang  tidak nyaman. Sifatnyanya pun berbeda tergantung keputihan yang diderita pada masing-masing wanita. Ada yang berwarna putih kekuningan atau ada yang bewarna putih ke abu-abuan baik encer maupun kental.

Yang menyebabkan tidak nyaman dan mengganggu dari keputihan ini adalah bau tak sedap yang sangat tidak enak  yang dibarengi dengan rasa gatal pada miss V. Tak hanya itu, keputihan yang tidak diobati dan dibiarkan menjamur  maka akan berakibat fatal yang menimbulkan Myon dan Kista bahkan kanker yang sukar untuk disembuhkan.

Keputihan dapat digolongkan menjadi beberapa bagian diantaranya ada keputihan normal yaitu keluarnya cairan dari vagina yang berwarna bening sedikit kekuningan serta kental namun tidak gatal dan bau. Keputihan model ini biasa terjadi pada wanita dalam keadaan masa subur, sebelum atau sesudah haid, waktu hamil, waktu terangsang dan cape yang berlebihan.

Penyebab Keputihan

Keputihan dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya:

Jamur

Jamur candida albicans  adalah salah satu penyebab terjadinya keputihan yang menimbulkan rasa gatal di sekitar vagina yang berakibat mulut vagina menjadi merah dan meradang. Ciri-ciri jamur ini adalah keluarnya cairan warna putih susu, kental, bau menyengat dan gatal. Biasanya terjadi pada wanita hamil, pemakaian PIL KB dan rendahnya daya tahan tubuh.

Parasit

Adalah Parasit trichomonas vaginalis  yang terjadi akibat penularan melalui hubungan seks, melalui alat mandi, pakaian, atau pada kloset yang kotor. Sifatnya berupa cairan warna putih sangat kental, berbuih, berwarna kekuningan atau kehijauan dan berbau anyir. Keputihan tipe ini tidak gatal namun liang vagina terasa nyeri bila ditekan.

Bakteri

Keputihan yang diakibatkan oleh bakteri gardnerella menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu, keluar cairan warna abu,  berbuih dan bau amis. Bakteri ini biasanya ditimbulkan karena gonta-gantinya pasangan dan penggunaan KB spiral atau IUD.

Virus

Virus yang paling dominan terjangkitnya keputihan  yang menimbulkan penyakit pada kelamin seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS.  Akibat virus ini tumbuh kutil yang desertai dengan cairan bau menyengat yang ditularkan melalui hubungan badan. Keputihan ini mengakibatkan luka melepuh pada vagina terasa gatal dan panas.

Tanda-tanda Keputihan Tidak Normal

Dilansir dari halaman Merdeka.com, tanda-tanda keputihan tidak normal adalah:

Berbau

Umumnya, keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihan Anda berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V Anda.

Berwarna

Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

Menimbulkan gatal

Area V Anda gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

Nyeri ketika kencing

Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika Anda sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih Anda.

Cara Alami Mengobati Keputihan

Cara mengobati keputihan yang berlebihan secara cepat, alami, dan tradisional

Kunyit


Ilustrasi kunyit 2012 Merdeka.com

Cara mengobati keputihan yang gatal tanpa efek samping yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu mengobati keputihan membandel pada miss V. Anda hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Lebih jelasnya seperti ini :

  • Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit
  • Parut kunyit
  • Peras sarinya dengan menambahkan air
  • Tambahkan 1 sdm madu

Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi.

Biji fenugreek


Ilustrasi biji fenugreek 2017 pixabay.com

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet.Biji fenugreek dapat membantu meningkatan jumlah pH pada miss V Anda. Caranya adalah dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat seharian penuh. Lalu saring airnya kemudian minum. Minum air biji fenugreek secara rutin setiap hari setiap sebelum sarapan.

Bawang putih


Ilustrasi bawang putih Shutterstock/Timmary

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

Daun sirih


Ilustrasi daun sirih dedaunan.com

Cara mengobati keputihan dengan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. zAt dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.

Daun sambiloto


Ilustrasi daun sambiloto 2017 okebandung.com

Daun sambiloto juga dapat menjadi cara mengobati keputihan secara alami. Caranya sama dengan mengkonsumsi daun sirih. Yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan air lalu meminumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *