Jenis Alat Masak dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Jenis Alat Masak dan Hubungannya Dengan Kesehatan - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Jenis Alat Masak dan Hubungannya Dengan Kesehatan – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Alami.idJenis Alat Masak dan Hubungannya Dengan Kesehatan. Banyaknya jenis alat memasak yang beredar di pasaran membuat konsumen sering bingung dalam menentukan pilihan. Selain perbedaan kualitas, harga dan ketahanan bahan, sedikit yang tahu bahwa jenis bahan dasar suatu alat masak juga harus dipertimbangkan dalam memilih karena banyak alat masak berbahan tertentu yang ternyata buruk bagi kesehatan.

Jenis Alat Masak dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Berikut adalah beberapa bahan dasar pada alat masak yang tergolong aman atau buruk bagi kesehatan:

Alat Masak Terbaik

Enamel

Alat memasak berbahan dasar enamel sangat baik bagi yang membutuhkan ketahanan panas tinggi dan tidak mudah lengket. Enamel adalah salah satu bahan teraman untuk peralatan memasak yang hampir sama kekuatannya dengan alat memasak anti lengket lain, sehingga mudah juga dibersihkan. Permukaannya non reaktif, sehingga tak perlu khawatir akan adanya bahan kimia berbahaya yang mungkin terlepas dan larut dalam masakan.

Meskipun butuh waktu cukup lama untuknya menjadi panas, namun apabila sudah panas bahan enamel cepat mendistribusikan energi sehingga panas dapat merata dengan cepat dan tahan lama. Enamel juga dapat dipergunakan di dalam oven sehingga menjadikannya alat masak multi fungsi.

Kekurangan dari alat ini hanyalah harganya yang cenderung mahal karena umurnya yang tergolong panjang.

Besi Tuang

Besi tuang adalah jenis alat masak yang tergolong tradisional. Alat jenis ini sudah digunakan selama ratusan tahun. Panci besi tuang misalnya, umurnya bisa sangat panjang karena bahannya yang tahan lama serta mampu menahan panas tinggi dan tidak mudah bocor.

Beberapa kekurangannya adalah alat ini cenderung berat karena terbuat dari besi, mudah lengket dan perlu perawatan khusus supaya usianya panjang. Selain itu, peralatan memasak dengan besi tuang cenderung melepas ion besinya saat dipanaskan pada suhu tinggi, apalagi saat memasak benda-benda yang cenderung asam dan berair. Meskipun baik bagi kesehatan namun pada orang dengan kadar besi yang tinggi sebaiknya menghindari alat ini.

Steinless Steel

Stainless Steel adalah salah satu alat masak yang banyak ditemukan di pasaran. Stainless Steel sangat cocok untuk Anda yang suka memasak cepat karena bahannya cenderung cepat panas. Stainless steel tidak mudah tergores sehingga tahan terhadap sabun dan pembersih yang cukup abrasive. Stainless steel juga aman untuk kesehatan karena tidak melepaskan bahan kimia tertentu saat terkena panas.

Kekurangan dari stainless steel adalah permukaannya yang mudah lengket dan cenderung sulit meratakan panas sehingga perlu trik khusus saat memasak menggunakan alat ini.

Alat Memasak Terburuk

Teflon

Teflon adalah alat memasak paling buruk yang sebaiknya dihindari. Sayangnya teflon sudah umum digunakan di kalangan masyarakat luas. Teflon sebenarnya adalah lapisan yang terbuat dari plastic PFOA dan sangat berbahaya bagi tubuh karena jika dipanaskan hingga suhu tertentu, ia akan melepaskan komponen PFOA-nya ke dalam masakan. Plastik, seperti yang kita tahu merupakan pengganggu sistem hormonal manusia, sehingga sangat buruk bagi kesehatan. Plastik mampu memicu kanker, kerusakan hati, gangguan tumbuh kembang, kelainan sistem imun dan masih banyak lagi.

Alumunium

Bahaya alumunium cenderung lebih ringan dibanding teflon. Namun alumunium tidak disarankan digunakan untuk memasak. Alumunium saat dipanaskan akan melepaskan komponennya yang telah diteliti berbahaya bagi kesehatan saraf.

Meskipun harga cenderung mahal, namun dilihat dari manfaat dan umurnya yang panjang tentunya sangat disarankan bagi Anda untuk memilih peralatan memasak dari bahan yang terbaik. Biar bagaimana pun kesehatan itu sangat penting dan mahal harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *