Tips Membersihkan Buah dan Sayuran Secara Alami

Tips Membersihkan Buah dan Sayuran Secara Alami - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Tips Membersihkan Buah dan Sayuran Secara Alami – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Alami.id – Tips Membersihkan Buah dan Sayuran Secara Alami. Kehidupan modern yang serba cepat memaksa kita untuk selalu menemukan cara cepat memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus mengalami kerepotan. Hal ini tampak mudah, namun kenyataannya sulit dilakukan.

Baca juga: Tampil Cantik Dalam Seminggu Dengan Cara Alami

Ambil contoh ketika kita berbelanja sayur dan buah-buahan, di satu sisi kita ingin memberikan suplai bahan makanan yang terbaik untuk kita dan keluarga, namun di sisi lain kita harus berpikir bagaimana caranya memilih sayur dan buah yang bersih dari pestisida.

Untunglah beberapa organisasi non profit di dunia telah mempublikasikan hasil penelitian mereka tentang jenis-jenis sayuran dan buah yang tergolong rendah pestisida hingga tinggi pestisida. Berikut daftarnya:

Bahan Pangan Rendah Pestisida: Alpukat, asparagus, kol, kiwi, melon, jagung manis, sweet peas, mangga, terung, kembang kol, nanas, berambang dan bawang bombay, pepaya, jeruk bali, dan ubi manis.

Bahan Pangan Tinggi Pestisida: Apel, peach, stawberry, anggur, nectarine, seledri, bayam, paprika, timun, kentang, tomat, dan snap peas.

Baca juga: Kenali Kolesterol Dan Pencegahannya Sejak Dini 

Dari penggolongan ini, kita tahu bahwa tidak semua sayuran dan buah di dunia masuk di dalamnya, sehingga untuk menghemat waktu dan biaya, pilih sayur dan buah yang organik dan apabila harus mengkonsumsi golongan tinggi pestisida pastikan Anda membersihkannya dengan benar untuk mengurangi kadar petisida yang termakan.

Berikut langkah-langkah cara membersihkan buah dan sayur secara alami:

  1. Untuk buah-buahan dan sayuran berkulit tebal, rendam mereka dalam larutan asam cuka dengan takaran 2 bagian cuka dilarutkan dalam 10 bagian air. Diamkan selama 1 jam, gosok perlahan dan bilas dengan air bersih.
  1. Untuk sayuran berdaun hijau tipis, buat larutan yang terdiri dari perasan 1 buah jeruk nipis ditambah 2 sendok makan garam dan 2 cup air bersih. Semprotkan larutan tersebut ke seluruh bagian sayuran dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan keringkan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas untuk menjaga kesegaran.
  1. Untuk mencuci buah berry (strawberry, blueberry, black berry), cukup gunakan larutan ½ cup perasan air jeruk nipis dan 2 cup air bersih, semprotkan menyeluruh lalu rendam di dalam air bersih selama 15 menit.

Baca juga: Cara Alami Merawat Kuku Panjang Agar Sehat Dan Bersih

Tips Membaca Label Buah:

Tahukah Anda? Label kecil yang terdapat pada buah-buahan sebenarnya memiliki makna penting, Anda dapat mengetahui bagaimana cara buah tersebut ditanam hanya dengan melihat kode labelnya.

Label yang terdiri dari empat digit angka diawali angka 3 atau 4 menandakan bahwa buah tersebut ditanam dengan cara konvensional yang mana kemungkinan besar terpapar pestisida.

Label yang terdiri dari lima digit angka diawali angka 8 menandakan bahwa buah tersebut merupakan hasil modifikasi genetik.

Label yang terdiri dari lima digit angka diawali angka 9 menandakan bahwa buah tersebut ditanam secara organik.

Baca juga: Aneka Jahe Berikut Manfaat Dan Khasiat Nya

Semua tips diatas tidak akan membuat Anda bebas dari cemaran pestisida, namun setidaknya kadarnya dalam tubuh dapat dikurangi dengan menghindari, memilih dan mencuci buah serta sayur Anda dengan benar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *